Menu

Home
Downloads
Album Foto
Profil

Kategori Tulisan

Lain-lain (1)
LAN (5)
Ubuntu (5)
Web (4)
Win (1)

Download

Ebook (5)
Free Software (10)

Status Online



Blog:
maznoer.blogspot.com
Facebook:
maznoer

News

<div style="background-color: none transparent;"><a href="http://www.rsspump.com/?Rss_widget" title="rss widget">Rss widget</a></div>

Web Statistics

Online : 1 User
Total Hits : 141975 Hits
Today : 2
Yesterday : 17
This Month : 413
This Year : 2728
Total : 116579

Calendar | Clock


Jaringan Komputer - Pengantar

Terbit tanggal 11 Sep 2009 jam 8:48:25

Dalam ilmu komputer dan teknologi informasi, dikenal istilah jaringan komputer. Secara sederhana definisi jaringan komputer adalah hubungan dua atau lebih sistem komputer yang terpisah, melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lain agar dapat saling berbagi data, informasi, program, dan berbagi sumber daya (resource). Sebuah jaringan dapat dihubungkan dengan berbagai media komunikasi antara lain : kabel, radio, satelit.

Tujuan Jaringan Komputer, antara lain:

  • Membagi sumber daya, contohnya: berbagi data, berbagi hardware (pemakaian printer, CPU, memori, harddisk)
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing

Pada model komputer stand alone setiap proses bertukar data harus melalui mekanisme pemindahan data melalui media penyimpan eksternal misal CD, Flash Disk, Eksternal Hardisk dan lain-lain. Apabila jarak antara dua PC stand alone cukup dekat, katakanlah dalam satu ruangan, mungkin waktu yang diperlukan untuk memindahkan data cukup singkat, tetapi bila jarak antara dua PC tersebut cukup jauh bahkan berbeda kota atau pulau dapat dipastikan waktu yang diperlukan jauh lebih lama. Akan tetapi dengan komputer yang terhubung melalui jaringan pemindahan data antar komputer dapat dilakukan dengan lebih cepat. Dari hal tersebut jaringan komputer dapat meningkatkan efisiensi transfer data cukup signifikan.

Keuntungan menggunakan jaringan komputer, antara lain:

  • Speed
    Dengan jaringan komputer pekerjaan akan lebih cepat, fasilitas sharing akan memudahkan transfer data antar komputer.
  • Cost
    Sumber daya hardware dapat diminimalisir karena dapat berbagi hardware antar komputer.
  • Security
    Jaringan komputer memberikan layanan hak akses terhadap file atau sumber daya yang lain.
  • Centralized Software Management
    Salah satu keuntungan jaringan komputer adalah pemusatan program aplikasi. Ini akan mengurangi waktu dan tenaga untuk instalasi program dimasing-masing komputer.
  • Resource Sharing
    Jaringan komputer dapat mengatasi terbatasnya hardware (printer, CDROM, dll) maupun data.
  • Flexible Access
    User dapat mengakses data yang terpusat dari komputer manapun.

Tipe jaringan komputer berdasarkan fungsinya :

  1. Jaringan peer-to-peer (P2P) atau point-to-point
    Kedudukan setiap komputer yang terhubung dalam jaringan adalah sama, tidak ada komputer yang menjadi server. Sehingga semua komputer dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dan berbagi resources.
  2. Jaringan client-server
    Pada jaringan ini terdapat komputer yang mengatur semua fasilitas yang tersedia dalam jaringan komputer, seperti komunikasi, penggunaan bersama hardware maupun software, dan mengontrol jaringan. Komputer ini disebut server dan semua komputer yang lain disebut client.

Jaringan komputer berdasarkan area :
Secara umum terdapat dua macam pembagian area jaringan komputer, yaitu:

  1. Local Area Network (LAN)
    Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer lokal, seluruh komputer dalam jaringan terhubung pada satu pusat yang disebut gateway. LAN biasa ditemui pada jaringan-jaringan kecil dengan jarak yang terbatas misalnya dalam suatu ruangan atau gedung.
    Dalam perkembangan beberapa LAN dapat bergabung membentuk MAN (Metropolitan Area Network), yang sudah melibatkan beberapa gateway dan biasanya memeiliki sebuah server utama. Jaringan MAN memiliki are yang lebih luas yaitu 10 - 15 KM.
  2. Wide Area Network (WAN)
    Jaringan komputer skala luas (WAN) telah melibatkan lebih dari satu server utama yang saling terhubung, dan setiap komputer yang terhubung dalam jaringan dapat saling mengakses server tersebut. WAN mencakup area yang sangat luas, bahkan bisa antar negara.
    Dalam perkembangannya WAN akan berkembang menjadi jaringan global yang biasa dikenal sebagai Interconnected-Networking (Internet).

Jaringan komputer berdasarkan media transmisi data :

  1. Jaringan berkabel (Wired Network)
    Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
  2. Jaringan nirkabel (Wireless Network)
    Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Agar dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya masing-masing PC yang terkomunikasi dalam jaringan harus mengikuti aturan (protokol) yang sudah ditentukan atau disepakati bersama. Dengan Protokol atau aturan yang sudah baku maka PC dengan sistem operasi dan platform yang berbeda dapat saling berkomunikasi. Dalam jaringan komputer sekarang ini protokol yang lazim dipakai adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Selain protokol tersebut masih ada protokol OSI (Open System Interconnection). Salah satu contoh penerapan protokol TCP/IP adalah bahwa setiap komputer yang terhubung ke jaringan harus memiliki alamat yang unik. Jika kita ingin menghubungi kerabat kita di suatu tempat kita harus tahu alamat kerabat kita tersebut, nama jalan,nomor rumah,kota dan lain-lain. Demikian juga dengan PC, setiap PC agar dapat saling bertukar resource harus dapat mengenali alamat masing-masing. Karena itu setiap PC yang terkoneksi ke jaringan diberi alamat tertentu, dalam TCP/IP dalam format angka 32 bit.

Protokol TCP/IP ini akan saya tulis di lain kesempatan.



Kategori LAN · Permalink · Print

hafidz gifary | 03 Sep 2013 | 11:07:08

saya ganteng tq

Komentar anda!!

Nama : **
Email : ** tidak ditampilkan
Alamat Web :
Verifikasi : =** berhitung itu mudah!!
Komentarnya  
    tag yang dibolehkan '<b><i><strike>'
** wajib diisi termasuk komentarnya.